Headlines News :

Selasa, 17 Juli 2012

Minuman Bersoda Tidak Baik Untuk Menu Berbuka Puasa

Ketika merasa haus, banyak di antara kita melepas dahaga dengan sebotol soda dingin. Apalagi saat ramadan, soda dingin ketika berbuka puasa terasa sangat menyegarkan tenggorokan yang kering tanpa menyadari bahaya minuman bersoda. Rayuan iklan pun acapkali membuat kita tergiur dengan minuman berkarbonasi itu. 


Tapi tahukah Anda, bahwa soda adalah salah satu minuman terburuk selain alkohol? Anda bisa terkena candu kafein dalam soda. Belum lagi kandungan gulanya yang sangat tinggi. Para peneliti mengatakan bahwa mereka yang mengkonsumsi sedikitnya dua botol minuman berkarbonasi per minggu, 87 persen mendapat risiko lebih besar terhadap kanker pankreas yang mematikan dibandingkan mereka yang menghindari soda.

Beberapa bahaya mengkonsumsi minuman bersoda:

Membahayakan Ginjal
Amerika Serikat melakukan penelitian mengenai bahaya tersebut terhadap 3256. Mereka rutin mengkonsumsi minuman bersoda minimal 2 kali sehari. Hasilnya, sebanyak 30% responden mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsinya.
Menurut para ahli, hal ini terkait dengan kandungan minuman bersoda, yakni pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.

Meningkatkan Risiko Diabetes
Para penderita penyakit diabetes sangat dilarang untuk mengkonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula tersebut menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.
Ingat, diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lain, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner. Jika Anda banyak mengkonsumsi minuman bersoda, selain berpotensi menyebabkan diabetes, stroke dan kerusakan jantung korone juga bisa terjadi. Perlu dicatat bahwa penyakit diabetes timbul tak hanya karena faktor keturunan. Orang yang asalnya normal pun bisa menderita penyakit diabetes.

Meningkatkan Risiko Obesitas
Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.
Di Amerika Serikat, tingkat obesitas pada anak-anak sangatlah tinggi. Salah satu penyebabnya adalah minuman bersoda. Anak-anak di Amerika Serikat mengkonsumsi minuman bersoda layaknya meminum air putih. Setelah makan, mereka pasti minum minuman bersoda. Hasilnya, mereka banyak yang menderita obesitas.
Ingat, obesitas merupakan salah satu pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain. Di antaranya diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya.

Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh
Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.
Universitas Harvard pernah membuat penelitian mengenai hal ini. Mereka mengamati seorang atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda dan yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Hasilnya, atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet remaja yang tidak mengkonsumsi minuma bersoda.

Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas
Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.
Penelitian dilakukan terhadap 60524 responden (pengonsumsi minuman bersoda) selama 14 tahun. Hasilnya, sebanyak 87% mengalami risiko kanker pankreas yang terlihat melalui gejala-gejalanya.

Meningkatkan Kerusakan pada Gigi
Dalam suatu penelitian, 3200 orang responden mengalami kerusakan gigi akibat mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini tentu saja akibat kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut. Tak hanya itu, asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein
Minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.

Menurunkan jumlah sperma
Masalah selanjutnya dari bahaya minuman bersoda adalah dapat menurunkan jumlah sperma. Berdasarkan sebuah penelitian di Denmark, pria yang mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bisa menurunkan jumlah produksi dan kualitas sperma. Hasil penelitian itu menemukan, jumlah sperma pria yang rutin minum minuman bersoda hampir 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Setelah menyimak bahaya-bahaya minuman bersoda tersebut, ada baiknya Anda segera mengganti menu minuman bersoda dengan minuman lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh.

Ni beberapa minuman berbuka yang sehat dan paling banyak di minati sobat hehe . . . ^^
1.       Kelapa muda.
Mmm.., minum kelapa muda rasanya nggak kebayang nikmatnya, apalagi ketika berbuka puasa. Kandungan air kelapa adalah cairan yang paling murni setelah air, kemudian selain itu kandungan gula yang terdapat dalam air kelapa bersifat alami. Satu hal yang menjadikan kelapa muda sebagai minuman favorit pertama untuk buka puasa, selain rasanya yang enak, air kelapa dapat mengembalikan kondisi tubuh yang sebelumnya kekurangan cairan (dehidrasi).


2.        Es rumput laut
Selain menggunakan bahan utama dari rumput laut, es rumput laut biasanya juga dilengkapi dengan aneka buah-buahan. Seperti pepaya, alpukat, melon, serta kolang kaling atau cincau. Rumput laut yang memiliki tekstur kenyal, buah pelengkap serta serta kuahnya yang biasanya menggunakan santan sangat nikmat dan juga banyak disukai oleh banyak orang sebagai minuman pembuka.




3.        Es campur
Bulan ramadhan menjadikan es campur menjadi salah satu minuman favorit untuk buka puasa. Dengan menggunakan bahan dari manisan buah-buahan, cincau hitam, nata de coco, sirup, susu, serta ditambahkan es serut di atasnya membuat es campur sangat menarik untuk segera dicicipi.


4.        Juice
Minuman yang menggunakan bahan dasar dari buah-buahan ini selain untuk pelepas dahaga. Namun alasan utama yang menjadikan juice sebagai menu minuman berbuka puasa adalah karena manfaat yang terkandung dari juice tersebut. Tentunya setiap juice memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan buah yang digunakan sebagai bahan dasar juice tersebut. Seperti juice jeruk, alpukat, melon, mangga, dsb. Atau selain di buat juice, ada juga yang dibuat dengan cara dipotong-potong atau di parut, seperti buah ketimun suri atau blewah.


5.       Es buah
Untuk mendapatkan es buah memang sebenarnya lebih mudah ditemukan saat bulan puasa. Karena selain memiliki rasa yang manis (dan biasanya agak) sedikit asam, campuran buah-buahan pada es campur menambah unik dari setiap tegukannya.


6.       Es sirup
Sirup selain lebih indentik dengan rasa buah-buahan, tetapi sudah menjadi minuman favorit di bulan puasa. Apalagi pada saat lebaran. Dengan bermacam-macam rasa, sirup sudah menjadi minuman favorit saat berbuka puasa.

 

7.       Teh
Teh terkenal memiliki manfaat yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh yang disebabkan karena polusi ataupun makanan yang kita konsumsi. Namun minuman yang (menurut saya adalah minuman sejuta umat) satu ini juga menjadi minuman favorit untuk berbuka puasa. Bahkan bukan hanya ketika bulan puasa, pada saat hari-hari biasa pun banyak orang yang memfavoritkan teh. Baik diseduh dengan cara hangat atau menggunakan es (dingin), tidak bisa dipungkiri bahwa teh juga bisa menjadi alternatif minuman untuk berbuka puasa.

8.       Kolak Pisang
Kolak pisang sangat menyegarkan bila disantap saat berbuka puasa, apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin. Hmmm, pastu seger banget tuh. Plus ditambah buah kolang kaling wah tambah nikmat aja :p


Oke, itu tadi beberapa menu minuman berbuka, lihat gambarnya aja udah bikin kepengen. Kalau pengen resepnya tunggu aja, nanti kami akan berikan Resep-resep menu minuman berbuka puasa yang segar. Selamat berbuka puasa ya, berbukalah dengan yang manis :p

kok jadi ga nyambung gini topiknya hehehe , ,  yang penting minuman berbuka puasa juga hehehe . .^^





1 komentar:

 
Home | Profile | Contact Us | Advertise | Join Us
Template Modified by Maulidan Nashuha - Dan's Blog
All Rights Reserved - indahbersamakimia.blogspot.com
Kimia Itu Mudah Copyright © 2012