Pembahasan SIMAK UI Kimia 2012 Kode 522


Pada perjumpaan kali ini kita akan coba bahas soal SIMAK-UI yang sudah kamu-kamu ikutan gan tanggal 8 kemaren deh kalo ga salah hehehehe ^^

langsung aja yaa . .
Soal 1
Jika 1,0 L etana direaksikan dengan 2,8 L oksigen, berapa gram karbon dioksida (C = 12, O =16) akan terbentuk bila reaksi dilakukan pada STP? (volume gas STP 22,4 L/mol) Persamaan reaksinya:
2C2H6(g) +7O2(g) 4CO2(g) + 6H2O(g)
Solusi:
Sobat, karena kedua pereaksi diketahui komposisi nya, otomatis kita boleh berasumsi bahwa reaksi tersebut ada kemungkinan memiliki pereaksi pembatas. So kita buktikan dulu sob . . ^^
n etana (C2H6)  = V/STP = 1/22,4 = 0,0446 mol
n O2 = V/STP = 2,8/22,4 = 2,8/22,4 = 0,125 mol

                    2C2H6(g)     +    7O2(g)             4CO2(g)    +     6H2O(g)
Awal       :     0,0446 mol         0,125 mol                 -                         -
Reaksi     :     0,0357 mol        0,125 mol             0,0714 mol
Sisa        :      0,0089 mol            0                     0,0714 mol

Ternyata O2 sebagai pereaksi pembatasnya, jadi menentukan mol CO2 berpatok pada mol O2 yang digunakan, maka massa O2 adalah :
m O2 = n O2 . Mr O2 = 0,0714 . 44 = 3,14 g (B)



Soal 2
Diketahui konstanta penurunan titik beku air, Kb H2O adalah 1,86 oC.m-1. ]ika 0,050 mol diklorotetraminplatinum (IV) klorida [Pt(NH3)4CI2]CI2 terionisasi secara sempurna dalam 500 g air, berapakah titik beku larutan tersebut?
solusi:
Nah sob, ini soal kucing air hehehe . . mungkin karena melihat senyawanya yang gimana gitu langsung syok, padahal biasa aja. Pertama kita harus ionisasi dulu senyawa kompleks tu.
[Pt(NH3)4CI2]CI2 [Pt(NH3)4CI2]2+ + 2Cl-
Karena di soal dikatakan senyawa kompleks terionisasi sempurna, kita bisa menyimpulkan bahwa i = n
n adalah jumlah ion, dan jumlah ion pada reaksi itu ada 3, maka i = 3.

Sekarang kita cari molaritasnya dulu sob,
m = n terlarut/kg pelarut = 0,05/0,5 = 0,1 mol/kg

Langsung kita hajar sob ^^
Tf = kf . m . i = 1,86 . 0,1 . 3 = 0,558oC
Tf larutan = Tf pelarut - Tf = 0oC - 0,558oC = - 0,558oC (C)


Soal 3
Pada pH berapa larutan harus diatur agar dapat mengendapkan 1/4 dari ion Al3+ dari larutan AI3+ 0,01 M? Diketahui Ksp Al(OH)3 : 2,5 x 10-33. (log 2 = 0,30 ; log 3 = 0,48)
Solusi:
Untuk kasus ini sob, kalian harus hati-hati.. si pembuat soal sepertinya menginginkan pengendapan Al3+ tapi hanya seperempat saja, so kita cari dulu konsentrasi nya . .
[Al3+] = ¼ x 0,01 = 2,5 x 10-3

Langsung hajar son , , ^^

Al(OH)3 Al3+ + 3OH-                   
Ksp = [Al3+][OH-]3
2,5 x 10-33 = (2,5 x 10-3) [OH-]3
[OH-]3 = (10-33)
[OH-] = 10-10
pOH = 10                              pH = 4 (B)


Soal 4
Pada reaksi: 
C(s) + S2(g) CS2(g); Kp = 6,0 pada 1290 K
pada keadaan kesetimbangan, tekanan CS2 = 0,18 atm, berapakah tekanan gas total?
Solusi:
Nah nah nah hahaha.. saya yakin sobat pasti bisa jawab ni soal ^^
Pertama buat rumus Kp nya dulu sob . . .

Kp = P CS2/P S2
6 = 0,18/P S2
Jadi P S2 = 0,03 atm
Maka tekanan totalnya P S2 + P CS2 = 0,18 + 0,03 = 0,21 atm (D)


Soal 5
Gunakan data percobaan di bawah ini untuk menentukan tetapan laju reaksi berikut:
2NO(g) + O2(g) 2NO2(g)


Solusi:
Kalo menurut saya sih, ini soal sebenarnya mudah . . tapi si pembuat soal jahat, sumpah jahat. Kalau kalian ga jeli,, saya yakin ga bakalan dapet deh jawaban -.-“
langkah pertama mencari orde O2 dulu, gunakan percobaan 1 dan 3

(NO 1/NO 3)x (O2 1/ O2 3)y = v1/v3
(1,5 x 10-5/1,5 x 10-5)x (0,5 x 10-5/2,0 x 10-5)y = (2,1 x 10-7/8,4 x 10-7)
(0,25)y = 0,25
Sehingga y = 1

Nah untuk mencari orde O2 mudah memang sob, tapi untuk mencari orde NO ga bisa di pake percobaan 1 dan 2 sob, tapi harus pake percobaan 2 dan 3 dengan melibatkan orde si O2 tadi.. ehehehe ^^

(NO 2/NO 3)x (O2 2/ O2 3)y = v2/v3
(4,5 x 10-5/1,5 x 10-5)x (0,5 x 10-5/2,0 x 10-5)1 = (1,9 x 10-6/8,4 x 10-7)
(3)x (0,25) = 2,26
(3)x = 9
x = 2

nah, uda dapat deh semua ordenya, tinggal mencari konstanta laju dengan mengambil percobaan yang mana aja, kita ambil percobaan satu deh, karena nyari pacar ga boleh lebih dari satu #GUBRAAAAK
apa kaitannya . . -,-“
v1 = k1 [NO 1]2 [O2 1]
2,1 x 10-7 = k (1,5 x 10-5)2 (0,5 x 10-5) maka k = 186666666,666
Ambil yang paling mendekati, so jawaban (C)


Soal 6
Suplemen antasid mengandung kalsium karbonat sebagai bahan aktifnya. Satu tablet antasid yang memiliki berat 1,998 g direaksikan dengan HCI(aq) berlebih menghasilkan 0,22 g CO2. Berapakah persentase kalsium dalam tablet tersebut? (H = 1, O = 16,C = 12,Ca = 40, Cl = 35,5)
Reaksi yang terjadi seperti berikut:
CaCO3(s) + 2HCl(aq) CaCl2(aq) + H2O(l)+ CO2(g)
Solusi:
Begitu melihat soal ni aku langsung teringat ma kamuuh (>̯-̮<) iiiii
Pertama sobat kalian harus cari dulu berapa mol CO2, karena dari mol CO2 bisa dapat mol CaCO3.

n CO2 = g/Mr = 0,22/44 = 0,005 mol
n CaCO3 = 0,005 x 1/1 = 0,005 mol
n Ca = 0,005 mol

nah sekarang tinggal nyari massa Ca nya sob,
m Ca = n Ca x Ar Ca = 0,005 x 40 = 0,2 g

finally, hehehe ^^ % Ca = m Ca/m tablet antacid x 100% = 0,2/1,998 x 100% = 10% (E)


Soal 7
Diberikan data tahapan energi ionisasi suatu unsur X (kJ mol-1) : 578 ; 1820 ; 2750 ; 11600, maka pernyataan yang BENAR tentang unsur X tersebut adalah....
Solusi:
Wah wah wah . . tipe soal seperti ini biasanya sering keluar di soal olimpiade tingkat kabupaten or provinsi ya ga sobat . . ^^
Coba perhatikan pada energy ionisasi antara 2750 dan 11600, rentang terlalu besar, so ga mungkin unsur X akan melepaskan elektron pada energi ke 4. Bukannya ga mungkin, mungkin aja bisa kalo di beri energy dari luar yang kira-kira cukup. Oleh karena itu, kesimpulannya batas energy ionisasi wajar dari unsur  X hanya sampai 2750. Jadi :
Si pembuat soal lebih menitik beratkan unsur X lebih ke logam aluminium.
-            Unsur X adalah unsur pada golongan IIIA.
-            Unsur X merupakan logam
-            Formula ion X yang paling stabil adalah X3+
-            Membentuk oksida X2O3
-            Membentuk garam halida XCl3
Melalui referensi dari buku Housecroft, Inorganic Chemistry halaman 297 liat ja di tabel nya (sebenarnya banyak ge buku anorganik lain cuman males buka -,-“) data ionisasi tersebut sesuai dengan unsur Aluminium.
jadi jawabannya (C)

Soal 8
Dalam 1 liter air limbah terdapat 50 mg merkuri. Densitas air limbah adalah 1 kg/L, jika air limbah tersebut diencerkan sehingga beratnya menjadi 5 kg (densitasnya tidak berubah) maka kadar merkuri dalam air limbah tersebut adalah...
Solusi:
Sobat, tau apa… ini soal bonus buat kalian dibuat oleh si pengarang soal, loh kok bisaaa \(‾‾")/
Langsung kita olah TKP
Dalam 1 L air limbah ada 50 mg merkuri, karena densitas 1 Kg/L kesimpulannya,
Dalam 1 Kg air limbah ada 50 mg merkuri, trus diencerkan dengan air sampai 5 Kg massa air limbahnya,, -,-“ y uda sob langsung di bagi aja . .

Satuan ppm harus dalam (mg/Kg)
Kadar merkuri = 50 mg/5 Kg = 10 ppm (C)


Soal 9
Pada elektrolisis larutan MSO4 yang menggunakan elektroda Pt dapat dihasilkan 1,035 g logam M. Larutan hasil elektrolisis dititrasi dengan KOH 0,2 M dan ternyata memerlukan KOH sebanyak 50 mL. Dari pengamatan ini massa atom relative logam M adalah....
Solusi:
Sobaaaaaaaaaaat . . ni soal mantep deh hehehehe, ni soal pernah dikeluarkan kalo ga salah di soal UMPTN Tahun 1989 Rayon C, di hafal pulaaak -,-“
Pertama buat dulu hasil elektrolisisnya,
Katoda : M2+ + 2e- M                 x 2
Anode : 2H2O 4H+ + 4e- + O2   x 1

Sel : 2M2+ + 2H2O 2M + 4H+ + O2

Pertama cari dulu mol asam yang dititrasi oleh KOH, dengan asumsi mol OH- sama dengan mol H+ karena titrasi tadi boy katanya hehehe . .
KOH K+ + OH-
mol KOH = M . V = 0,2 x 0,05 = 0,01 mol
mol OH- = mol KOH = 0,01 mol
mol H+ = mol OH- = 0,01 mol

ingat ya sob mol H+ nya jangan di kali 4! Tetap sama dengan mol OH- karena mereka tidak dalam satu persamaan reaksi, jadi tidak perlu dibandingkan.. (¬_¬͡)

2M2+ + 2H2O 2M + 4H+ + O2
sekarang tinggal nyari mol M,
mol M = 0,01 x 2/4 = 0,005 mol
Ar M = g / mol = 1,035 / 0,05 = 207 (B)


Soal 10

Diagram energi di atas menyatakan ....
Solusi:
Nah soal ini pun seperti pernah diulang, tapi saya lupa sob pada seleksi apa and tahun berapa . . ( ˘̶̀• ̯•˘̶́)
-            X adalah energy aktivasi
-            R reaktan
-            P produk
-            X – Y adalah energy aktivasi kebalikan dari grafik tersebut (Ea untuk P)
-            Reaksi endoterm, jadi H = positif
-            H = Y
-            Justru R yang lebih stabil dibandingkan P karena energy aktivasi R lebih besar
So pilihan yang tepat adalah (C)


Soal 11
Vetsin, yang dikenal sebagai zat penyedap masakan mempunyai nama kimia monosodium glutamate (MSG), adalah garam natrium dari asam glutamat. Satu ion hidrogen (dari gugus -OH yang terikat pada gugus karboksilat) digantikan oleh ion natrium. Penggantian ini bertujuan agar glutamate Iebih mudah larut dalam air.
SEBAB
Glutamat yang masih terikat dengan asam amino lain sebagai protein tidak memiliki rasa. Hanya jika glutamat yang dalam bentuk bebas memiliki rasa umami (gurih). Dengan demikian, semakin tinggi kandungan glutamat bebas dalam suatu makanan, semakin kuat rasa umaminya.
Solusi:
Pernyataan awal salah.
Struktur awal Asam glutamat dan MSG adalah sebagai berikut,


Dua buah gugus asam karboksilat yang bersifat sangat polar, justru lebih mudah larut dalam air.
Nah.. digantikan dengan Natrium membuat senyawa tersebut lebih susah larut dalam air karena sudah membentuk garam, secara ekonomi.. fungsi pergantian satu atom H dengan natrium supaya membuat Asam glutamat memiliki struktur fisik yang lebih efisien yaitu bisa membentuk kristal garamnya (MSG). Jadi lebih mudah dalam hal penjualan.

Alasan benar
Dari beberapa artikel yang saya baca, asam glutamate dalam keadaan bebas yang memiliki rasa gurih..
Coba sobat kunjungi beberap link ini..

So jawabannya adalah (D)


Soal 12
Dari reaksi-reaksi senyawa organik berikut ini, yang tergolong reaksi adisi adalah ....
(1) asetaldehid dengan asam sianida
(2) aseton dengan etil magnesium bromide
(3) etilena dengan asam klorida
(4) etilena dengan brom
Solusi:



Wah, soal terakhir ni broo . . . capek ngetiik nyaa ( ˘̶̀• ̯•˘̶́)
Oke langsung saja gan . .
kalau saya analisis si pembuat soal lebih mengutamakan kata kata ini “adisi adalah pemutusan ikatan rangkap” jadi kita tidak usah memperdulikan ikatan antar apa dan apa yang diputuskan, begitu liat ada ikatan rangkap yang putus langsung adisi tu gan, padahal kan reaksi 1 dan 2 lebih cocok kita sebut reaksi reduksi gan ( ˘̶̀• ̯•˘̶́) . .
so jawabannya (E)

SELESAAAAAAAAAI HAHAHAHA,, capeeek ngetiknya..
mohon komentarnya dibawah jika ada yang ga ngerti atau saya ada kesalahan dalam saya mencari jawaban . . .
\(´`)/
Reaksi:

11 komentar:

  1. tengkyu..membantu banget....cuman di soal no 6 hanya ditanya % Ca nya saja kalo ga salah...jadi tinggal dikaliin arCa/mr caco3 aja ..?

    BalasHapus
  2. iya iya makasih ya, saya ga ke baca yang di tanya hahaha . . uda di revisi thanks masukan nya ^.^

    BalasHapus
  3. thanks ka', bermanfaat bnget.
    Mau tanya nih ka,

    n CO2 = g/Mr = 0,22/44 = 0,005 mol
    n CaCO3 = 0,005 x 1/1 = 0,005 mol
    n Ca = 0,005 mol

    di bagian n CaCO3 ada "1/1" ny, itu drmn/maksudny gmna ka?

    Mksih :D

    BalasHapus
  4. makasih banget kak, paket yang 521 nya dong kak...

    BalasHapus
  5. makasiiih banget. Saya kurang tau anda siapa, tapi saya bakal berterimakasih sekali pada anda kalau kelak saya lolos masuk UI. amiin..

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak bre. Semoga sukses.

    BalasHapus
  7. terimakasih ya
    semoga Tuhan memberkati.Amin
    Mohon doa agar lulus Simak ui.

    BalasHapus
  8. iyaa iyaa moga sukses lah kalian semua hehehe . . :D

    BalasHapus
  9. mantep nih gan :D , wah gan , klo agan mah ga ada susahnya jwb soal kyk gini klo ane sndri gan udah puyeng jwbnya :(( kyknya harus bnyk belajar nih sama agan haha...

    BalasHapus
  10. thanks gan. banyak sangat membantu :D

    BalasHapus